5 Tips Mengaci Tembok Rumah dengan Semen Mortar Untuk Pemula


Mengaci tembok rumah bisa Anda lakukan secara mandiri tanpa bantuan profesional. Ada cara mudah dalam mengaci tembok dan Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan tenaga profesional. Berikut adalah 5 tips dalam membuat acian tembok. 

1. Mempersiapkan Pasta Acian

Langkah pertama adalah siapkan pasta acian tembok. Untuk semen, Anda bisa menggunakan semen Mortar untuk hasil terbaik. Berikut adalah tahapannya:

a.              Masukkan bubuk semen ke dalam ember

b.              Tuangkan sedikit demi sedikit air ke dalam ember sambil diaduk sampai terlihat seperti pasta

c.              Tambahkan air bila masih terlihat padat, tambahkan bubuk semen apabila terlihat terlalu cair

d.              Jika campuran sudah sempurna, pasta acian sudah siap untuk digunakan

Untuk referensi anda, akan kami sajikan informasi terkait produk unggulan yang paling dicari, terutama produk instan, produknya bisa anda temukan di www.id.weber/id 

2.              Cek Kondisi Tembok

Pastikan permukaan tembok sudah kering. Jika dipastikan sudah kering Anda bisa memulai untuk membasahi dinding dengan sedikit air agar acian tidak mengering dengan cepat.

Apabila Anda menemukan tembok berlubang, ada baiknya untuk ditutup dengan menggunakan semen terlebih dahulu. 

3.              Plesteran Dibasahi sampai Jenuh

Dalam membahas plesteran, sebaiknya dilakukan dari kondisi kering hingga jenuh. Jika hal ini tidak dilakukan maka plesteran akan menyerap terlalu banyak air saat pengacian dilakukan.

Hasil acian tidak akan sempurna karena tak bisa merekat secara maksimal ke dinding. Dampaknya adalah tembok Anda akan mengalami retak-retak saat pengacian.

4.              Memperhitungkan Waktu Pengacian dengan Tepat

Proses mengaci tembok rumah yang terlalu lama akan membuat tembok terlalu lembab. Rentang waktu terbaik dalam melakukan proses pengacian adalah kurang lebih 20 sampai 30 menit. 

5.              Memperhatikan Ketebalan Acian

Ketebalan ideal dari acian adalah sekitar 1 sampai 3 mm saja. Jika terlalu tipis maka kualitas acian sudah pasti tidak maksimal. Sebaliknya, apabila acian terlalu tebal hingga lebih dari 3 mm maka kualitas aci yang diberikan akan menurun.  


Proses pengacian harus menggunakan semen dengan kualitas yang terbaik. Oleh karena itu Semen Mortar Utama bisa menjadi pilihan utama Anda. Semen Mortar Utama memberikan daya rekat yang kuat sehingga tembok terlihat halus dan kuat. Semoga  tips mengaci tembok rumah ini bisa membantu Anda yang ingin melakukan pengacian secara mandiri. Simak juga informasi cara plester bangunan yang baik dan benar supaya bangunan tahan lama di https://www.id.weber/id/solusi-dinding


Leave a Reply

Your email address will not be published.